Kenali Detil Lantai Parket Sebelum Membelinya
Kenali Detil Lantai Parket Sebelum Membelinya

Kenali Detil Lantai Parket Sebelum Membelinya

Posted on

Kenali Detil Lantai Parket Sebelum Membelinya. Penggunaan bahan kayu, batuan ekspos, serta juga material asli yang biasa diekspos lainnya. Hal ini merupakan representasi dari sebuah kekayaan alam yang ada di Indonesia yang iklimnya tropis. Hal tersebut membuat sebuah lantai parket kayu menjadi sebuah trending yang ada di dunia arsitektur Indonesia. Beli Lantai parket pada saat sekarang ini sangatlah beragam jenis serta juga pengaplikasiannya. Ada yang biasa menggunakan lantai ini di area indoor flooring serta decking dan juga area tangga.

Apa Itu Lantai Parket

Jika Anda menanyakan apa itu lantai parket, maka lantai parket itu merupakan sebuah kumpulan kepingan kayu yang berupa kayu asli ataupun bisa juga berupa kepingan kayu buatan. Kumpulan ini memang sudah dipress dengan sedemikian rupa dan siap diterapkan pada lantai konkrit. Hal ini bisa juga diterapkan pada bagian interior ataupun eksterior. Untuk penutup dari lantai ini maka bisa menjadi salah satu dari sebuah unsur dekoratif yang memang akan diaplikasikan di residential serta villa. Bisa juga di hotel dan perkantoran.

Jenis-Jenis Lantai Parket

A. Parket Solid

Untuk jenis lantai parket yang satu ini diketahui memakai 100% kayu asli dalam hal pengaplikasiannya di lantai. Kayu yang biasa akan digunakan yaitu kayu jati dan merbau. Bisa juga bangkirai, ulin serta sonokeling. Jenis lantai parket solid ini mempunyai 2 jenis yaitu :

1. Solid FJ

Solid FJ merupakan jenis parket solid yang biasa memakai sebuah kayu yang utuh untuk per satuan modul nya. Hal ini tanpa harus adanya sebuah sambungan dari kayu yang lainnya yang akan dipasang pada lantai secara berjajar horizontal.

Baca juga:  Jual Water Treatment Berkualitas di Indonesia

2. Solid FJL

Solid FJL ini merupakan sebuah jenis dari lantai parket solid yang memakai berbagai macam dari kayu yang diketahui disambung menjadi satu persatuan modulnya. Secara visual memang akan terlihat dari tampilan sekat pada garis vertikalnya.

B. Parket Engineered

Jenis parket yang satu ini memiliki lapisan tipis di lapisan pertamanya. Sedangkan pada bagian bawah lantai ini ada sebuah lapisan yang multipleks ataupun sebuah plywood untuk sebuah perkuatannya. Ada juga white-oak, serta juga whole nut.

Proses Pembuatan Lantai Parket

Sebelum membeli lantai parket alangkah baiknya anda kenali detil lantai parket. Dalam hal ini ada 2 jenis proses pemasangan yang dilakukan pada lantai parket di flooring di antaranya yaitu dengan cara lem atau glue down serta juga dengan menggunakan plywood atau nail down.

1. Lem atau Glue Down

Untuk bantal acian ini diberi sebuah cairan primer. Cairan primer tersebut memang bertujuan sebagai salah satu penahan sebuah kelembapan. Jika permukaan ini basah, maka lem tersebut tidak akan bisa maksimal serta kelembapan akan cepat masuk ke lantai.
Setelah itu, dilakukan pemberian akan lem sikabond tersebut untuk bisa menempelkan parket kayu tersebut ke sebuah bantal acian.

2. Plywood atau Nail Down

Untuk jenis Parket kayu yang satu ini akan langsung dipasang pada bagian atas sebuah plywood. Hal ini dilakukan dengan cara memakai paku tembak. Perbedaan yang sangat signifikan antara tipe untuk pemasangan tersebut dengan menggunakan metode glue down merupkan tidak ada ditambahkannya ke sebuah cairan primer.

Kelebihan Lantai Parket

Sudah cukup dikenal lantai parket yang mempunyai kesan eksklusif serta mewah tentunya akan menimbulkan sebuah nuansa yang indah dan elegan. Lantai parket ini mempunyai sebuah estetika keindahan dilihat dari segi geometris serta nuansa dekoratif yang mungkin tidak akan dapat Anda temukan di lantai papan kayu yang biasa.

Baca juga:  Jual Lantai Parket Murah Berkualitas

Lantai parket ini tidak memerlukan cukup banyak perawatan, senantiasa tetap terlihat rapi dan bersih. Karena untuk lantai parket ini tidak memerlukan cukup banyak perawatan yang sangat merepotkan. Anda cukup untuk membersihkan lantai seperti halnya menyapu serta mengepel. Terutama untuk jenis lantai parket yang akan menggunakan sebuah kayu olahan.

Lantai parket solid mempunyai karakter yang sangat kuat serta tahan lama. Bahkan untuk masa penggunaannya bisa mencapai sampai 50 tahun sejak dari awal penggunaan. Lantai parket ini juga bisa menjadi sebuah hal pertimbangan yang terbaik untuk pilihan Anda yang mempunyai akan masalah alergi. Lantai parket ini diketahui terbilang sangat berbeda dengan berbagai macam jenis lantai yang lainnya. Seperti halnya lantai kayu yang biasanya memang akan lebih mudah untuk bisa menangkap allergen.

Cara Merawat Lantai Parket

Sebelumnya anda sudah membaca kenali detil lantai parket. Sekarang kita membahas cara merawat lantai ini memang terbilang cukup mudah, hal tersebut karena banyak sekali cara ataupun metode preventive agar lantai parket ini bisa untuk tahan lama yaitu :

1. Jagalah kelembapan akan lantai, jika memang terkena air maka segeralah untuk bisa mengeringkannya. Air yang telah teresap ke lantai parket akan membuat lantai ini membengkak serta rusak.

2. Memakai obat pel yang cukup ramah lingkungan sebab bahan kimia yang berlebih pasti akan merusak coating.

3. dalam hal ini harus ada sebuah proteksi pada sebuah perabotan yang mana perabot tersebut menempel langsung ke lantai seperti halnya meja dan kursi serta lemari.

4. Memindahkan semua perabotan yang menempel langsung tersebut yang berada di lantai dengan cara mengangkatnya, jadi ingatt bukan dengan cara menyeretnya.

5. Untuk hal perawatan lantai parket setelah sudah Anda aplikasikan selama bertahun-tahun, maka dalam hal ini Anda bisa dengan menggunakan mesin scrubber. Cara kerja akan mesin ini dengan menyemprotkan cairan serta terdapat sebuah sikat halus yang nantinya langsung membersihkan akan permukaan dari lantai parket.

Baca juga:  Jual Lantai kayu Parket dan Cara Pemesanannya

6. Apabila coating tersebut sudah terlihat memudar ataupun Anda berencana ingin mengganti warnanya. Maka untuk lapisan yang terluar dari lantai ini bisa untuk Anda kuliti serta juga Anda ganti dengan menggunakan sebuah coating yang baru. Cara kerja untuk mesin ini berfungsi supaya menghilangkan lapisan yang terluar dari lantai.

Harga Lantai Parket Terbaru 2020

Biaya untuk supply serta instalasi lantai parket yang berbahan kayu solid yaitu sekitar Rp 350 ribu sampai Rp 600 ribu untuk per meter persegi. Harga jual lantai paket tersebut memang tergantung dari jenis kayunya. Pada umumnya kayu yang biasa untuk digunakan yaitu jenis meranti, kayu damar laut ataupun kayu jati.

Sementara itu untuk lantai kayu yang diketahui berbahan kayu sintetis ataupun laminate maka untuk biaya supply serta installnya akan lebih ekonomis. Berkisar dengan harga sekitar Rp 125 ribu sampai mencapai Rp 250 ribu untuk per meter persegi. Para produsen juga ada yang mengatakan, kalau penerapan lantai parket ini juga bisa untuk menjadi sebuah pilihan material lantaai unik untuk sebuah rumah menimalis Anda.

Rekomendasi Toko Lantai Parket Murah

Keberadaan lantai parket sekarang ini memang menjadi sebuah kesan tersendiri buat para pencinta rumah minimalis yang elegan. Buat Anda yang ingin memiliki nuansa tersebut maka tidak perlu khawatir, karena sekarang ini Anda bisa memiliki sebuah lantai parket yang berkualitas dan terbaik. Semua itu bisa Anda dapatkan di Toko Parket Lantai Kayu Outdoor yang terpercaya yang di rekomendasikan untuk Anda.

5 thoughts on “Kenali Detil Lantai Parket Sebelum Membelinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *