Kenali Detail Jenis Lantai Parket Sebelum Membeli
Kenali Detail Jenis Lantai Parket Sebelum Membeli

Detail Jenis Lantai Parket – Sebagai negara beriklim tropis, Indonesia dikenal kaya akan potensi alamnya, yang diekspos dalam berbagai bentuk, seperti kayu, batu alam, dan material asli lainnya. Dengan begitu, dunia arsitektur di Indonesia sangat kental akan penggunaan lantai kayunya atau yang biasa disebut dengan lantai parket.

Detail Jenis Lantai Parket

Saat ini, ada banyak jenis pengaplikasian lantai parket atau kayu. Beberapa di antaranya digunakan di tangga, decking, dan indoor floring. Sementara, untuk beberapa penggunaan material yang sama diaplikasikan pada fasad, pergola, dan aksesoris interior.

Lalu, bagaimana sebenarnya lantai parket itu? Lantai parket atau lantai kayu adalah kumpulan dari beberapa atau banyak kepingan kayu, baik yang original maupun yang sudah melalui tahap pemrosesan, yang diterapkan pada lantai konkrit, baik eksterior maupun interior. Salah satu unsur dekoratif yang diaplikasikan pada hotel, vila, residental, atau pun perkantoran adalah penutup dari lantai tersebut.

Beda lantai kayu dan lantai parket

Meskipun penyebutannya terdengar sama, tetapi antara lantai kayu dan parket sebenarnya berbeda. Jika lantai parket adalah kepingan kayu yang memiliki profil di sisi-sisinya, lain halnya dengan lantai kayu.
Sebelum membeli, ada baiknya Anda mengetahui jenis lantai parket agar bisa merawatnya dengan baik dan lebih tahan lama. Selain itu, agar bisa diterapkan sesuai kebutuhan dan kenyamanan Anda dan keluarga di rumah.
Sebelum membahas jenisnya, Anda harus tahu terlebih dahulu dua tipe lantai parket.

Baca juga:  Inilah 4 Rekomendasi Smartphone Terbaik 2020

Parket Solid

Jenis parket ini adalah lantai parket yang dalam pengaplikasiannya menggunakan seratus persen kayu asli. Biasanya, kayu yang digunakan untuk lantai ini asalah kayu jati, bingkiran, ulin, merbau, dan sonokeling. Tipe lantai parket solid sendiri terbagi atas dua tipe, yaitu solid FJ dan solid FJL.

Solid FJ yaitu parket yang dalam satu modul menggunakan kayu utuh tanpa adanya sambungan kayu lain.
Sedangkan solid FJL yaitu lantai parket yang dalam satu modulnya menyambungkan beberapa kayu jadi satu.
Perbandingan harga kedua jenis parket solid tersebut cukup signifikan, yaitu 1:2. Keunggulan dari lantai parket solid yaitu:

-Bisa di-refinishing berulang-ulang hingga lima kali
-Material lebih kokoh
-Lantai lebih tahan lama karena terbuat dari kayu asli tanpa campuran lapisan apa pun

Parket Engineered

Parket engineered adalah jenis lantai parket yang memiliki veener (lapisan tipis) di bagian lapisan pertama. Sedangan pada bagian bawah terdapat lapisan plywood atau multipleks sebagai penguatnya. Kayu yang sering digunakan untuk jenis lantai parket ini adalah kayu white-oak, whole nut, sonokeling, dan jati.

Keunggulan lantai parket engineered:

-Lebih stabil (tidak mudah kembang susut)
-Bisa dipasang di basement
-Harga lebih ekonomis

Dari dua tipe lantai parket di atas, kita dapat mengurai kembali beberapa jenis parket sebagai berikut:

Lantai Parket Jati

Lantai parket jati adalah lantai parket yang terbuat dari kayu jati. Kayu jati sendiri merupakan kayu yang paling diminati dalam dunia arsitektur. Pohon jati sendiri umumnya baru tumbuh sekitar lima belas tahun sehingga persediaannya tidak terlalu melimpah di pasaran. Bagian dari kayu jati yang biasa digunakan sebagai peralatan adalah akar, batang, dan ranting.

Baca juga:  Android Hijau - Situs Review Smartphone Terlengkap

Berdasarkan kualitasnya, lantai parket jati terbagi atas dua jenis (grade), yaitu grade A, grade B dan grade C. Kualitas tersebut diambil berdasarkan pada bagian kayu yang diambil untuk dimanfaatkan.

Berikut jenis lantai parket jati, ukuran, dan kisaran harganya:

Jenis Ukuran (cm) Harga/m²
Parket Kayu Jati grade Putih (C) 1,2 x 5 x 20 cm Rp. 140.000 /m²
1,2 x 5 x 25 cm Rp. 150.000 /m²
1,2 x 5 x 30 cm Rp. 160.000 /m²
Parket kayu Jati Grade B 1,2 x 5 x 20 cm Rp. 195.000 /m²
1,2 x 5 x 25 cm Rp. 210.000 /m²
1,2 x 5 x 30 cm Rp. 240.000 /m²
Parket Kayu Jati Grade A (Unfinish) 1,2 x 5 x 17 cm Rp. 175.000 /m²
1,2 x 5 x 20 cm Rp. 222.000 /m²
1,2 x 5 x 30 cm Rp. 280.000 /m²

Lantai Parket Sintetis

Lantai Parket Sintetis bisa dijadikan alternatif pengganti lantai kayu solid. Sebab, harga lantai kayu solid termasuk tinggi di pasaran. Oleh sebab itu, lantai parket sintetis bisa memenuhi keinginan konsumen untuk memiliki arsitektur lantai yang unik, tetapi dengan harga lebih terjangkau.

Lantai sintetis ini terbuat dari serbuk kayu dan campuran bahan kimia. Bagian permukaan lantai sintetis ini dilapisi dengan aluminium oxid partikel sehingga bisa meniru kayu solid dan juga lebih kuat.

Beberapa keunggulan dari lantai parket sintetis ini yaitu ramah lingkungan, harganya lebih ekonomis, bahan-bahannya mudah didapat. Namun, sebelum Anda membeli jenis lantai parket sintetis ini, ada baiknya Anda mengetahui bahan-bahan yang digunakan, mulai dari bahan untuk desain permukaan maupun jenis serbuk kayunya.

Bahan-bahan dasar yang digunakan untuk membuat lantai kayu parket sintetis adalah sebagai berikut:

1. HDF Hijau muda. Jenis serbuk kayu ini mempunyai sifat menyerap uap air di udara. Dengan begitu, bisa memungkinkan parket mengembang setelah dilakukan pemasangan.

Baca juga:  Keunggulan Haluan.co Sebagai Portal Berita Online

2. HDF coklat putih. Jenis serbuk kayu ini mempunyai sifat yang kurang cocok dengan iklim tropis seperti di Indonesia. Sebab, bahan dasar dari serbuk kayu ini merupakan bahan import dari negara-negara di Eropa.

3. HDF coklat muda dan tua. Jenis serbuk kayu ini mempunyai ketahanan yang cukup baik. Selain itu, HDF ini juga sangat jarang mengalami pengembangan setelah selesai dilakukan pemasangan.

Secara keseluruhan, ada keunggulan yang bisa Anda dapat jika menggunakan jenis lantai parket dibandingkan dengan jenis lantai lain, di antaranya yaitu:

1. Memberikan kesan natural dan alami sehingga akan membuat hunian lebih nyaman dan damai.

2. Terdapat banyak motif yang bisa dipilih sesuai dengan desain interior ruangan. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir jika ada orang lain yang menggunakan motif kayu yang sama.

3. Membuat ruangan tetap hangat saat musim dingin atau musim penghujan.

4. Lebih empuk dibandingkan lantai keramik atau lantai dari batu lainnya sehingga dapat meminimalisir cidera jika terjadi kecelakaan.

5. Tampak lebih mewah.

6. Ramah lingkungan dan kesehatan.

Setelah mengetahui jenis, keunggulan, dan beberapa hal lainnya dari lantai parket, kini saatnya Anda untuk beralih menggunakan lantai tersebut untuk hunian Anda. Saat ini ada banyak produsen yang memproduksi lantai parket. Anda bisa menemukannya dengan mudah di pasaran.

Namun, Anda harus memastikan bahwa toko lantai parket tersebut memiliki kualitas produk yang benar-benar bagus agar lantai parket Anda lebih awet dan tahan lama.

Penutup

Demikian artikel mengenai jenis lantai parket. Pastikan Anda mengetahui dengan jelas detail lantai parket yang akan Anda beli. Anda juga bisa bertanya pada pemilik toko agar tidak salah pilih. Semoga bermanfaat.

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here